Arti Cinta dan Kasih Sayang

Cinta dan afeksi diagungkan oleh manusia sama seperti benci dan dendam dipelihara dalam hati. Bila tidak ada cinta, tak ada yang namanya rasa benci. Semua yang ada di dunia akan dirasakan datar, tawar, dan hampa.

Apa gunanya mencicipi masakan dengan bahan dan resep yang sangat mahal dan lezat namun tidak bisa dinikmati dengan rasa cinta. Dan apa jadinya dunia bila semua orang melakukan pekerjaan hanya semata sebagai pekerjaan tanpa rasa cinta.

Cinta merupakan salah satu emosi yang dirasakan dan dialami oleh seorang individu, bahkan meskipun sepanjang hidupnya kegetiran terus menghampirinya. Rasa sayang dan cinta manusia beriringan dan bergiliran dengan rasa tidak suka, gembira, marah, sedih, jijik, kecewa, terharu, dan seterusnya. Belum ada yang melihat rasa cinta yang terwujud menjadi materi berwujud yang bisa dipegang, dilihat, dicium, dan  dicicipi, walaupun dampak dari rasa cinta itu terlihat nyata.

Saat seseorang melimpahi orang lain dengan rasa cinta dan sayang, atmosfer di antara keduanya bisa menjadi sangat positif dan menyenangkan. Banyak orang sepakat, cinta tidaklah terdefinisi. Para filsuf, sastrawan, bahkan para pakar di bidang sosial, psikologi, dan humanisme berusaha seilmiah dan seempiris mungkin mendefinisikan arti cinta dan kasih sayang, serta untuk menemukan perbedaan cinta dan sayang

Bagaimanapun, bila ditelaah dalam bidang kebahasaan, bahasa Yunani dan bahasa Indonesia mendefinisikan cinta dan sayang dalam makna yang berbeda, ditambah pula dengan kata kasih. Bahasa Yunani Kuno, sama halnya dengan bahasa (dan budaya) Indonesia membedakan tiga hal terkait emosi positif terhadap Area sekitar ini. Karenanya, ada masing-masing pengertian cinta dan kasih sayang dalam bahasa Indonesia yang dipadankan dengan bahasa Yunani Kuno. 

Cinta adalah eros, sangat erat kaitannya dengan asmara terhadap orang lain yang menuntut adanya hubungan seksual. Dengan kata lain, cinta ditujukan bagi mereka yang tidak sedarah atau apa pun ikatan relasi yang membuat seseorang merasa bersalah bila melakukan hubungan intim dengan seseorang yang dicintainya. 

Sayang adalah philia, berhubungan erat dengan perasaan yang ditujukan bagi orang-orang terdekat tanpa meminta balasan, seperti kepada orangtua, saudara, sahabat. Umumnya rasa sayang diberikan kepada mereka yang sedarah atau yang akan dirasa canggung bila melakukan hubungan badan. 

Kasih adalah agape, sangat berkorelasi dengan perasaan terhadap Sang Maha Pencipta, juga keluarga—atau orang-orang yang sudah sangat dekat dan dianggap seperti kerabat sedarah. 

Dalam tingkatan lain, definisi cinta dan sayang berkaitan dengan keabadaiannya. Rasa sayang tidak akan redup walau apa pun yang dialami serta tidak akan tergerus oleh waktu, sementara cinta pudar seiring waktu berlalu bila tidak ada usaha dari berbagai pihak untuk terus memupuk dan mengembangkannya. 

Rasa sayang akan abadi, namun cinta bisa cepat hilang dan bahkan berganti dengan lainnya. Bahkan walaupun pada beberapa kejadian merasa sebal terhadap orang tertentu, rasa sayang yang mendominasi tetap tidak akan terhapus. Sementara rasa cinta malah bisa musnah hanya karena bosan. 

Dalam bidang bahasa, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, arti kata cinta dan sayang cukup dekat dan nyaris tidak bisa dibedakan. Kasih sayang memiliki definisi cinta kasih ataupun belas kasihan. Sementara cinta adalah perasaan suka sekali ataupun sayang benar

Demikian pengerian cinta dan kasih sayang . dan di akhir artikel ini admin mengingatkan kepada diri saya sendiri dan juga sahabat sahabat sekalian akan : 

" jangan pernah meragukan apa arti cinta dan sayang. Karena kecintaan seseorang terhadap orang lain atau sesuatu bisa memberikan kekuatan mahadahsyat hingga ia mampu melakukan apa pun demi rasa cinta dan sayangnya tersebut "

.(note : cinta dan kasih sayang bukan hanya di miliki oleh seorang remaja yang sedang bergulat memadu asmara tapi banyak cinta dan kasih sayang  yang lain yang dapat kita temukan di dunia ini, saat kau menemukannya kau akan merasa benar benar hidup)