Cara Membuat Pantun Cinta Sejati

Membuat pantun dengan tema cinta sejati bukanlah hal yang sulit. Jika anda bukan orang yang romantis dan tidak pandai mengolah kata, dapat langsung menggunakan ungkapan yang ada di dalam hati. Tuangkan apa yang anda rasakan dan apa yang menjadi harapan dimasa yang akan datang dengan kekasih atau pasangan anda. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membuat pantun cinta sejati, diantaranya yaitu pemilihan kata dan makna dari kata-kata cinta yang anda rangkai menjadi sebuah pantun.

Dalam membuat  pantun cinta sejati, ada dua hal yang menjadi sorotan. Pertama, yang  menitikberatkan pada makna pantun dan yang kedua menitikberatkan pada keindahan bahasa yang digunakan. Kedua hal ini dapat digambarkan melalui dua cara membuat pantun cinta sejati seperti di bawah ini.

Menggunakan Nama Pasangan Untuk Membuat Pantun Cinta Sejati

 

Dalam pembuatan pantun cinta sejati menggunakan nama pasangan, anda harus pandai mencari kata yang memiliki akhiran kata yang mirip dengan nama pasangan anda. Cara ini sedikit lebih sulit karena belum tentu nama pasangan anda memiliki akhiran kata yang mudah. Berikut ini salah satu pantun cinta sejati yang menggunakan nama pasangan di dalamnya.

Kalau mau beli batik
Jangan lupa dicoba
Hei Dek Leli cantik
Ku cinta kau selamanya


Nama pasangan anda dapat diletakkan di bait ketiga maupun bait terakhir. Letakkan pada bait yang sekiranya bagus untuk sebuah pantun. Namun jangan sampai anda lupa bahwa kalimat di dalamnya mengandung unsur cinta sejati. Biasanya dinyatakan dengan kata ‘selamanya’ dan ‘sampai mati’ dan lain sebagainya. Cara ini merupakan salah satu pembuatan pantun yang menitikberatkan pada makna.

Menggunakan Nama Benda Untuk Membuat Pantun Cinta Sejati

 

Tentunya nama benda yang dimakud adalah nama benda selain nama pasangan anda. Cara ini lebih mudah dilakukan daripada cara pertama. Namun dalam pengungkapannya tentu tak seromantis cara pertama. Anda tinggal menggunakan kata benda yang ada di dekat anda atau kata benda yang anda sukai. Misalnya bintang, bulan, matahari, bunga, dan lain sebagainya. Di bawah ini merupakan salah satu pantun cinta sejati yang menggunakan nama benda di dalamnya dan menitikberatkan pada keindahan bahasa.

Bintang berkelip memang menawan
Sungguh ku ingin menggapainya
Biarpun cinta datang dengan rintangan
Ku yakin kau milikku selamanya


Biasanya nama benda yang digunakan dalam membuat pantun cinta sejati adalah nama benda yang memang indah dipandang. Selain itu, nama benda tersebut juga menggambarkan keistimewaan. Yang berarti menggambarkan bahwa pasangan anda merupakan orang yang spesial untuk anda. Meski demikian, anda jangan melupakan unsur utama dalam pembuatan pantun yaitu bersajak ab ab. Dalam perangkaian kata-katanya sangat tergantung dengan kemampuan dan keahlian serta kebiasaan seseorang.