Novel Cinta yang Menginspirasi Jiwa

Kisah cinta anak manusia selalu menjadi hal yang menarik untuk diperbincangkan. Berbagai macam kisah cinta tidak akan pernah bisa membuat kita bosan untuk menyimak dan memperhatikannya. Keberagaman kisah yang terjadi antara anak manusia ini pun rupanya telah sejak dulu menarik perhatian para sastrawan untuk mengabadikannya dalam novel-novel cinta. Berikut ini merupakan novel tentang cinta dengan cerita yang tidak hanya memukau, namun juga akan menginspirasi jiwa setiap pembaca. 

Novel cinta yang berakhir bahagia

Novel-novel yang ditulis para sastrawan memang beragam, mulai dari kisah cinta remaja hingga dewasa, dari kisah bahagia sampai kisah yang menguras air mata. Novel jenis pertama adalah novel cinta yang berakhir bahagia. Kisah yang menyenangkan ini nampaknya lebih banyak digemari oleh para pembaca karena pada saat membacanya, hati pun ikut hanyut dalam kebahagiaan yang tengah dirasakan para tokoh dalam novel. Novel cinta yang pertama adalah “Ayat-ayat Cinta” oleh Habiburahman El-Shirazi. Novel ini berkisah tentang perjalanan cinta anak manusia yang sangat berliku. Dengan setting di timur tengah, novel ini terasa sangat berbeda. Namun, unsur romantis begitu terasa ditambah dengan ending bahagia novel ini. 

Novel lain yang masih merupakan karya dari pengarang yang sama yang mengisahkan cerita cinta anak manusia adalah “Ketika Cinta Bertasbih”. Novel ini lebih rumit daripada Ayat-ayat Cinta karena lebih banyak tokoh yang terlibat. Terdapat dua jilid novel ini, yaitu yang pertama dan yang kedua. Meskipun demikian, ending novel ini tetap dikemas dengan sangat apik dan membahagiakan. Kedua novel ini ditulis dengan landasan agama yang sangat kental. 

Jika anda menginginkan yang lebih umum lagi, novel “Cintapucino” merupakan contoh novel yang mengisahkan kehidupan modern anak manusia. Kisah cinta yang diceritakan dalam novel ini terasa begitu realistis dan nyata. Dengan melibatkan satu perempuan dan dua laki-laki, novel ini pun berakhir dengan sangat bahagia, dimana sang tokoh utama menikah dengan tokoh lain yang ia inginkan sejak dulu. Meskipun tentu menyisakan kepahitan bagi tokoh lain yang harus merelakan cintanya bahagia dengan orang lain.

Novel cinta yang sarat akan air mata

Jika tadi merupakan novel cinta yang bahagia, ada pula beberapa novel yang mengisahkan cerita cinta namun sarat akan air mata. Salah sarunya adalah “Autumn in Paris” oleh  Iliana Tan. Novel ini mengisahkan tentang perpisahan yang sangat menyesakkan dada antara dua anak manusia karena salah satu diantra mereka mengidap penyakit. Sekilas mungkin cerita ini terdengar klise, namun setelah membacanya, anda akan merasa seperti terseret dalam dunia si tokoh yang dikisahkan.

Novel tentang cinta lainnya yang sangat menkjubkan adalah “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijk” karya Buya Hamka. Novel klasik ini mengisahkan tentang dua orang anak manusia yang terpaksa harus berpisah karena perbedaan budaya yang ada di antara mereka. Kisah cinta antar tokoh yang dikisahkan begitu dalam dan menguras air mata ini baru saja dibuat versi film-nya dan telah diputar di bioskop-bioskop. Membacanya atau menonton filmnya anda pasti akan larut dan hanyut dalam alunan kisahnya.