Yuk, Belajar Membuat Pantun Cinta Lucu!

Penggunaan pantun di dalam dunia percintaan sebenarnya merupakan sesuatu yang sudah dilakukan oleh banyak orang sejak jaman dahulu kala. Akan tetapi, tentu saja jenis pantun yang digunakan juga semakin berkembang dari waktu ke waktu guna menyesuaikan perkembangan jaman dan juga bahasa. 

Di saat sekarang contohnya, pantun cinta lucu merupakan satu jenis yang lebih banyak digunakan, terutama oleh kalangan anak muda yang memang sedang dimabuk asmara. Adanya pantun semacam ini tentunya memberikan warna tersendiri terhadap kisah-kisah percintaan yang dialami oleh banyak orang di masa sekarang.

Bentuk Pantun Cinta Di Masa Sekarang

Jika dilihat dari bentuknya, pantun cinta lucu di masa sekarang ini sebenarnya masih mempunyai bentuk yang cukup sama dengan pantun yang sudah ada sejak jaman dahulu kala. Ini dapat dilihat dari penggunaan 4 baris kalimat atau frasa yang mempuyai bunyi suku kata akhir yang cukup sama. Pula dari bunyi tersebut juga masih sama yaitu ABAB atau AAAA. 

Bunyi suku kata terakhir dengan pola ABAB mempunyai maksud bahwa suku kata terakhir di baris pertama mempunyai bunyi yang sama dengan suku kata terakhir di baris ketiga dan suku kata terakhir di baris kedua mempunyai bunyi yang sama dengan suku kata terakhir pada baris ke empat. 

Untuk pantun yang mempunyai pola AAAA, semua suku kata terakhir di setiap baris mempunyai bunyi yang sama atau serupa. Yang membedakan pantun cinta jaman sekarang dan juga pantun cinta jaman dulu hanyalah materi yang digunakan saja. Di jaman sekarang, materi yang digunakan jauh lebih beragam, selain itu pilihan katanya sederhana dan tidak terlalu puitis. Bahkan bisa dikatakan bahwa semua hal bisa saja digunakan sebagaui materi untuk membuat pantun di jaman sekarang ini.

Contoh-Contoh Pantun Cinta Yang Bisa Anda Gunakan 

 

Berdasarkan penjelasan tadi, tentu saja ada banyak sekali contoh pantun cinta lucu yang bisa Anda gunakan untuk menambah kejenakaan dalam hubungan cinta yang sedang anda bina bersama pasangan. Contoh pertamanya adalah:

Sungguh bahaya ular berbisa
Kalau tergigit bisa celaka
Sungguh senangnya kurasa
Jika kita selalu sama-sama

Contoh pantun diatas tersebut menggunakan pola AAAA dengan materi yang cukup kekinian walaupun tidak terlalu berkesan modern. Jika Anda menginginkan contoh yang jauh lebih modern lagi dan juga lucu, Anda bisa menggunakan contoh pantun yang berikut ini:

Jalan mundur
Nabrak warung jamu
Aku ga bisa tidur
Gara-gara mikirin kamu

Satu lagi contoh pantun yang sangat cocok untuk anda gunakan saat sedang bercanda dengan pasangan atau saat sedang mencoba menjalin komunikasi dengan orang yang anda harapkan menjadi pasangan adalah:

Beli semangka
Di warung ibu Tuti
Siapa yang sangka
Kalau kita ternyata sehati