Sebab Cinta Bertepuk Sebelah Tangan


Cinta yang sempurna dalam pandangan mata adalah ketika cinta memiliki yang dicintai dan yang mencintai. Cinta seorang saja tidaklah dikatakan sempurna karna menyisakan ruang/bagian agar tercipta kesempurnaan itu dengan kehadiran seseorang untuk mengisi ruang tersebut.

“satu insan akan sempurna dengan menjadi dua insan untuk saling menyempurnakan “

Namun apa dikata, terkadang kesempurnaan cinta tersebut tak kunjung menyapa, tak kunjung hadir. Cinta tak memberi sinyal-sinyal yang didambanya itu. Ketika cinta tak menjabat menyatukan dua tangan untuk bergandengan penuh kasih, tetapi cinta justru bertepuk sebelah tangan.

Nah, kali ini saya akan sedikit mengulas tentang sebab-sebab cinta bertepuk sebelah tangan yang akan dijabarkan dalam tulisan berikut ini :

Ketiadaan ikatan batin dan kecocokan

Cinta itu sendiri tumbuh karna adanya kesesuaian (kecocokan) dan ikatan batin antara yang mencintai dan yang dicintai. Seandainya sebab-sebab cinta itu karna adanya kesesuaian dan ikatan batin antara keduanya, maka kenapa sering kita jumpai ada orang yang bertepuk sebelah tangan? Kalau ada ikatan batin antara keduanya, tentu mereka akan saling mencintai bukan? Kenyamanan akan menjadi tolak ukur paling mendasar bagi seseorang untuk merasa cocok dengan seseorang pula.

“ kecocokan akan menjadikannya nyaman dan kenyamanan dapat menumbuhkan cinta “

Penghalang pada diri si pencinta

Yang menghalangi kecintaan orang yang dicintainya kepada yang mencintai dapat berupa kekurangan pada rupa, akhlak, kelakuan, penampilan, gaya bicara dan segala bentuk yang terlihat lainnya seperti yang diinginkan. Sehingga menghalangi bagi yang dicintai untuk membalas cintanya. Karna meski jodoh termasuk hal yang sudah ditentukan oleh Yang Maha Kuasa tetapi setiap orang tentulah mempunyai kriteria yang dicita-citakan.

“ cinta datang dari mata kemudian turun ke hati “

Penghalang dari diri yang dicintai

Selain yang telah disinggung  tadi, ada pula faktor lain yang membuat orang yang dicintai tak dapat membalas cinta orang yang mencintainya itu. Seperti karna ia mencintai orang lain. Yah, karna hatinya sudah terlebih dahulu diisi dengan nama orang lain. Tak mudah bagi tipe orang yang setia untuk mengganti posisi seseorang di dalam hatinya.

“ kita diciptakan dengan satu hati, tidak bercabang “

Cinta pamrih

Cinta jenis ini tidak mengharuskan orang yang dicintai atau bahkan kedua pihak untuk saling mencintai. Bahkan lebih parahnya kadang-kadang timbul kebencian pada pihak yang dicintai.

Pamrih sendiri timbul karna adanya sesuatu yang diinginkan dari yang dicintai misal pangkat, harta dll. Cinta jenis ini tak akan mampu bertahan lama karna akan sangat mudah tergoyahkan ketika timbul kejenuhan dengan semua yang dijalani.

“jika cinta lahir karna sesuatu hal, maka perlahan akan lenyap pula jika sesuatu hal itu hilang ”

Jika semua penghalang yang disebutkan itu tidak ada, tentu akan timbul rasa cinta mencintai dari kedua belah pihak.

Berikut contoh gambaran sebab cinta bertepuk sebelah tangan :

Penghalang cinta pun sudah ada sejak zaman Nabi. Seperti yang menimpa kalbu orang-orang kafir terhadap Nabi/para rasul. Seandainya di dalam kalbu mereka tdak ada penghalang berupa sifat sombong, dengki, permusuhan dll, pasti Rasulullah akan mereka cintai melebihi kecintaan mereka terhadap diri mereka sendiri. Ketika semua penghalangan itu telah tiada, maka kecintaan mereka itu diatas kecintaan mereka terhadap diri sendiri, keluarga dan harta yang mereka miliki.

Demikian artikel sebab cinta bertepuk sebelah tangan yang semoga bermanfaat ^^