Kata2 Motivasi Teladan Dari Ki Hajar Dewantara

Kata2 Motivasi Teladan Dari Ki Hajar Dewantara yang mana beliau adalah sang guru besar atau Bapak Pendidikan Indonesia yang telah banyak berjuang dengan sekuat tenaga serta pikiran demi terwujudnya pendidikan masyarakat Indonesia yang lebih maju.

Salah satu bukti nyata bahwa Ki Hajar Dewantara sebagai pelopor pendidikan Indonesia yaitu beliau mendirikan sekolah taman siswa pada tahun 1922. Pemikiran-pemikiran cemerlang Ki Hajar Dewantara pada saaat itu begitu mengagumkan dan seolah mendahului zamannya. Pejuang, Brillian, Smart, berintegritas, dan selalu ingin maju itulah sosok tepat Ki hajar Dewantara.

Kata Semboyan Ki Hajar Dewantara (Guru Besar/Bapak Pendidikan Indonesia)

Profil Perjalanan Perjuangan Ki Hajar Dewantara


Saya setuju jika Jogjakarta digelari sebagai kota pelajar, ini terbukti bahwa jogja selalu menelurkan anak-anak bangsa yg hebat salah satu contohnya adalah Ki Hajar Dewantara. Beliau lahir Pada Tanggal 2 Mei 1889 di Jogja, Nama asli dari Ki Hajar Dewantara adalah Raden Mas Soewardi Soeryaningrat. Ki Hajar berasal dari lingkungan keluarga kraton NgaJogjakarta. Raden Mas Soewardi Soeryaningrat, beliau berganti nama menjadi Ki Hadjar Dewantara saat genap berusia 40 tahun menurut hitungan Tahun Caka. Semenjak saat itu, ia tidak lagi menggunakan gelar kebangsawanan di depan namanya. Hal ini dimaksudkan supaya ia dapat bebas dekat dengan rakyat, baik secara fisik maupun hatinya. Beliau adalah sosok yg santun, sederhana dan berhati mulia. Walau keturunan ningrat namun Ki Hajar Dewantara tetap bergaul dengan rakyat bawah dan rajin memberikan pertolongan kepada yg membutuhkan.

Kisah perjalanan hidup Ki Hajar Dewantara benar-benar diwarnai perjuangan dan pengabdian demi kepentingan bangsanya. Ia menamatkan Sekolah Dasar di ELS (Sekolah Dasar Belanda) Kemudian sempat melanjut ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera), tapi tidak sampai tamat karena sakit. Kemudian ia bekerja sebagai wartawan di beberapa surat kabar antara lain Sedyotomo, Midden Java, De Express, Oetoesan Hindia, Kaoem Moeda, Tjahaja Timoer dan Poesara. Pada masanya, ia tergolong penulis handal. Tulisan-tulisannya sangat komunikatif, tajam dan patriotik sehingga mampu membangkitkan semangat antikolonial bagi pembacanya.

Ki Hajar Dewantara Selain ulet sebagai seorang wartawan muda, ia juga aktif dalam organisasi sosial dan politik. Pada tahun 1908, ia aktif di seksi propaganda Boedi Oetomo untuk mensosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia pada waktu itu mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa dan bernegara.

Ki Hajar Dewantara sangat aktif dan peduli dengan dunia pendidikan. Salah satu bukti kepeduliannya yaitu beliau mendirikan Sekolah Taman Siswa pada Tahun 1922 yang mana langkah ini adalah terobosan baru di dunia pendidikan Indonesia menuju kemajuan.

Salah satu kata motivasi dari Ki Hajar Dewantara yang dapat kita jadikan teladan dan sampai sekarang masih melekat di benak kita dan sampai kapanpun semboyan Ki Hajar Dewantara ini akan kita ingat.

"Tut wuri handayani", atau aslinya: ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Arti dari semboyan ini adalah: tut wuri handayani (dari belakang seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan), ing madya mangun karsa (di tengah atau di antara murid, guru harus menciptakan prakarsa dan ide), dan ing ngarsa sung tulada (di depan, seorang pendidik harus memberi teladan atau contoh tindakan yg baik)

Kata kata Ki Hajar Dewantara lainya yang juga memiliki makna yang sangat dalam yaitu; “Manusia Merdeka Adalah Tujuan Pendidikan, Merdeka Baik Secara Fisik Mental Dan Kerohanian”.

Itulah kata2 bijak Ki Hajar Dewantara yang mana dapat kita jadikan motivasi dan teladan hidup. Semoga sekelumit tulisan ini dapat memberikan manfaat buat pembaca.