Mengapa berternak lele dumbo? Ini keunggulannya

September 20, 2018
Sekarng banyak jenis lele yang menjargokan dengan kwalitas unggul namun saya masih tetap berternak lele dumbo. Adapun alasanya akan saya bagikan disini.

Lelu dumbo yang mulai ditingalkan banyak petani ternyata masih memiliki banyak keungulan dibandingkan lele jenis lainya, dengan keungulan keungulan tersebut lele dumbu atau lele afrika ini masih menjadi komuditas di Negara ini, dengan pangsa pasar yang cukup besar kebutuhan akan stok lele membuat harga dan permintaan tetap tinggi sehinga petani bisa mudah menjual produksinya, tak jarang petani menjadi sukses di bidang ini oleh karena itu pembudidayaan lele dumbo masih layak untuk dibudidayakan.



Adapun keungulan lele dumbo dibandingkan lele lainya,antara lain:

1.    Pertumbuhan yang cepat

Telah diujicoba oleh BPPAT  bogor dan pengalaman saya sebagai petani.ternyata dalam 2 hari berat lele bisa mencapai 1,2-3 g, sedangkan pada masa pemeliharaaan 5 minggu bisa 10-15g, dan saat umur pemeliharaan 24 minggu berat lele bisa mencapai 180-200g.
Untuk bidang usaha pemijahan dengan pertumbuhan yang cepat lele dumbu bisa mulai dipanen diumur satu bulan,yakni ukuran 2/3cm –  3/4cm

2.    Ukuran bisa mencapai 1-2 kg sehingga memperluas pangsa pasar

Dalam usaha pemancingan,sangat digemari ukuran lele yang besar.sehinga lele dumbu dengan keungulanya yang bias mencapai 2 kg an bahkan lebih digemari oleh pengusaha pemancingan.
Selain dari segi penjualan, lele dumbu berukuran besar juga memberikan keuntungan dalam hal produksi benih,semakin besar ukuran lele akan semakin banyak telur yang dihasilkan

3.    Kandungan telur yang dihasilkan lebih banyak dengan harga yang lebih murah

Bila menginginkan produksi telur yang banyak dan harga indukan relative murah,jenis  lele dumbo siap mengabulkan keinginan anda ,dengan harga yang sama bahkan lebih murah anda bias mendapatkan indukan lele dengan bobot 2-3  kg, dengan bobot tersebut telur yang dihasilkan jauh lebih banyak.

4.    Kemudahan dalam pemberian pakan alternative

Kita tau sendiri harga pellet semakin mahal,petani yang hanya mengandalkan pellet sebagai pakan dalam budidayaanya cenderung mengalami kerugian, di sinilah keungulan ikan lele dumbo, dengan sifat rakusnya lele dumbo bisa diberikan pakan alternative hinga 50% bahkan 100% . otomatis pembudidaya akan mendapat keutungan berkalilipat ketimbang  petani yang mengandalkan pellet. Pakan  tambahan untuk lele dumbo antara lain : sisa limbah ayam potong,telur afkiran,limbah potongan heawan, keong, ikan rucah dll

5.    Harga indukan sangat murah

Dibandingkan indukan jenis lain, yang harganya sampai jutaan per paket indukan lele dumbo jauh lebih murah, biasanya per kg dihargai 15.000 ribuan saja.hampir sama dengan harga jual konsumsi  Cuma ukuranya saja yang lebih besar.

Inilah trik saya mempertahankan keunggulan lele dumbo


Sudah saya paparkan beberapa keungulan yang dimiliki oleh lele dumbo, namun kenyataanya sekarang lele dumbo mengalami penurunan kwalitas yang ia miliki,sebagian besar petani mengalami kerugian berternak lele karena mudahnya terserang penyaikt,pertumbuhan yang semakin lamban,daya hidup rendah.
Untuk itu cobalah beberapa trik ini untuk bisa mempertahankan keungulan jenis lele dumbo:

a. Jangan lakukan persilangan sedarah

Penurunan keungulan lele dombo terjadi karena panjangnya persilangan sedarah dalam jenis lele ini, untuk mengatasi ini lakukan persilangan yang jauh kekerabatanya bisa dengan cara memebeli indukan jantan di sebuah koata A kemudian disilangkan dengan indukan betina dari kota B. atau bisa menyilangkan jenis lele dumbo dengan indukan jenis lele lain (sangkuriang,phiton dll)

b. Gunakan indukan lele yang siap pijah

Untuk mendapatkan telur lele yang berkwalitas sehingga menghasilkan benih yang bertkwalitas  maka  gunakanlah indukan lele yang sudah siap pijah atau matang gonad, adapun syarat syaratnya antara lain :
1. umur mininmal 1 tahun dengan berat bobot minimal 1 kg,
2. setelah malakukan masa pemberokan sehari semalam indukan lele betina masih memiliki perut buncit.
3. pada sore hari saat memasukan indukan betina dan jantan lihatlah kelakuan si jantan bila si jantan berkelakuan agresif maka jantan sudah siap pijah namun bila si jantan diam maka gantilah indukan jantan dengan yang lain .

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔