kenali lele dumbo untuk mendapatkan keuntungannya

September 20, 2018
Kunci sukses bertenak lele adalah mengenali lebih jauh tentang karakteristik hidup dari binatang yang kita pelihara.bila kita tak kenal bagaimana kita bisa memberikan kebutuhan hidup dari peliharaan kita. oleh sebab itu pada kesempatan ini akan saya coba paparkan lebih jauh tentang lele dumbo
.
Sejarah  singkat

Sebelum datangnya lele dumbo di tanah air kita, jenis ikan lele sangat tidak diminati masyarakat untuk dibudidaya karena dikala itu pembudidaya hanya mengenal ikan lele local yang notabene pertumbuhanya lama dan berkuran kecil.



Setelah datangnya lele dumbo dengan berbagai keungulanya banyak petani merih sukses sehingga masyarakat pun ikut berbondong bondong menternaknya.asal-muasal lele dumbo didatangkan dari afrika yang memiliki nama ilmiah clarias gariepinus,namun ada pendapat lain bahwa lele dumbo merupakan persilangan lele afrika dengan lele taiewan.dikala itu dikarenakan ukran lele yang bisa tumbuh besar masyarakat Indonesia menyebutnya dengan nama lele dumbo, sampe hari ini pun lele tersebut diberinama lele dumbo yang ilmiahnya bernama clarias goriepinus.

Sifat lele dumbo

Ada keunikan ikan lele dengan jenis ikan lainya, dengan memahami sifat ikan lele semoga bisa mengurangi /melakukan pencegahan masalah yang timbul dalam membudidayakanya.adapun sifat-sifat lele itu sediri antara lain:
1. Meloncat saat malam

Lele adalah binatang malam yang suka mencari makan di malam hari, dari sifat ini maka lele akan aktif di malam hari yang salah satu nya suka loncat loncat keluar dari kolam jadi jangan heran pagi pemula bila menjumpai ikan lele di kesokan hari ada sebagian tergeletak di luar kolam,ini sangat merugikan.adapun penangulannya antara lain:
a. Isi air setengah dari ketingian kolam, hal ini diharpkan agar lele tidak bisa meloncat keluar
b. Jangan sekali kali menabur benih di air baru yang jernih karena ikan lele sangat tidak suka air yang bening terlihat dasar kolam,lele akan nyaman saat air kolam sudah berwarna hijau pekat. Dikondisi air seperi ini biasanya ikan lele jarang berloncatan.
c. Dinding kolam dibuat tegak lurus supaya ikan lele kesulitan keluar kolam
d. Jangan diberi aliran air biarkan kolam mengendap,karena lele sangat suka berloncatan di aliran masuk air.

2. Memakan teman sendiri

Ikan lele adalah hewan karnivora yang suka memakan daging ketimbang tumbuhan,dari sifat inilah kerap kali ikan lele memangsa temannya sendiri bila hal ini tidak diatasi bisa barakibat panen yang didapat habis dimakankan sesama  lele tersebut. Untuk mengatasi masalh ini biasanya kami rutin melakukan penyortilan tiap dua mingu sekali.

3. Hewan berpoligami
Saat pemijahan lele satu ekor jantan bisa di gabungkan dengan dua atau tiga betina,namun jangan terbalik bila proses pemijahan terbalik ada dua jantan dalam satu kolam pemijahan biasanya terjadi perkelahian antar jantan.dan proses pemijahan bisa gagal

4. Masa pemijahan

Ikan lele dumbo memiliki sifat melakukan masa pemijahan di awal penghujan,hal ini menyebabkan pada masa kemarau akan sulit mendapat indukan lele yang siap pijah, oleh karena itu saat masa rending/penghujan jangan pijahkan semua indukan lele sisakan sebagian untuk masa kemarau

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔