kiat budidaya lele agar tidak rugi

September 16, 2018
Budidaya lele tampak mengiurkan, banyak orang yang mengumbar kesuksesan dalam usaha ini, namun kenyataanya banyak juga pemula atau malah senior yang gulung tikar.dan salah satu yang saya cermati dalam dunia pembudidayaan lele ini ternyata hanya sedikit sekali para usahawan yang tetap eksis di bidang ini kebanyakan hanya ikut ikutan saja, bila ada  satu daerah yang berhasil pelihara lele maka di daerah tersebut berbondong bondong ikut pelihara lele, namun setelah satu tahun atau dua tahun saya maein ke daerah tersebut yang terkenal daerah peternak lele sudah tidak ada satupun yang pelihara.

Dari kenyataan tersebut, budidaya lele lebih banyak merugikannya dari pada menguntungkan sehingga kebanyakan orang berhenti di tengah jalan dalam usaha ini,.beruntung disni akan saya bagikan beberapa kiat kiat dalam ternak lele agar sukses dan tidak rugi malah untung banyak.

Saya bagi budi daya ikan lele ini menjadi 3 tahap, setiap tahap memiliki perhatian yang berbeda.

1. tahap pembenihan dan pendederan 1


Dalam pembenihan memiliki keuntungan lebih besar ketimbang 2 tahap lainya namun memiliki resiko kegagalan ( kematian ikan) paling besar. selain itu modal untuk memulai usaha pembenihan tidak perlu merogoh kocek dalam dalam,200-500 ribu anda sudah bisa memulai usaha ini.

untuk tidak mengalami kerugian dalam tahap pembenihan,ada beberapa faktor yang musti menjadi perhatian anda,

a. ketlatenan yang tinggi

bila anda seorang yang  memiliki kepribadian yang ulet dan tlaten mungkin memijahkan lele akan berhasil di tangan anda. karena yang akan anda urus adalah bayi lele. yang notabne memerlukan kebutuhan habitat hidup (ph,kadar oksigen,suhu,dll) yang harus dipenuhi segera bila tidak dipenuhi atau kadang cuma terlambat saja bisa menimbulkan kematian masal benih lele.

b.pemilihan induk

induk memiliki peran penting dalam tahap ini, selain cermat memilih induk siap pijah agar dalam pemijahanya berhasil menetaskan lele yang banyak, cermat dalam memilih jenis induk juga salah satu kunci sukses dalam bidang ini. sudah banyak beredar jenis jenis indukan berkwalitas tinggal kita aja memilih penjual yeng terpercaya. bila tidak mengunakan indukan unggulan(sangkuriang,piton dll) anda juga bisa mengunakan indukan lele dumbo biasa aja namun pembeliannya disarankan di tempat yang berbeda contoh beli indukan 5 jantan semua di kabupaten A kemudian membeli 10 indukan betina di kabupaten B. pembelian induk jantan dan betina di tempat terpisah saya anjurkan karena untuk mengurangi persilangan dalam satu darah. karena persilangan sedarah biasanya menghasilkan ikan lele mudah mati, mudah terserang penyakit, cacat dan lama pertumbuhannya.

c.pengontrolan habitat hidup benih lele

semakin anda menguasai pengontrolan habitat hidup semakin anda memegang keberhasilan memijahkan ikan lele, sehingga tidak ada lagi yang namanya untung untungan mijah lele, sekarang berhasil bija jual benih lele dua atau tiga pemijahan selanjutnya gagal ikan pada mati semua.

d. umur krusial lele ( umur dua minggu sampe empat mimggu)

dalam pendenderan  lele 1 ada yang namanya umur dag dig dug der,.kenapa saya bilang dag dig dug der karena di umur tersebut banyak kejadian ikan sehat wal afiat tiba tiba keesokan harinya pada berdiri semua di permukaan ( ikan stres) trus dua tinga hari ikan mulai mati.

biasanya hal itu terjadi pada masa pergantian pakan alami ke pakan buatan (pelet tabur atau pelet butir) oleh karena itu saya sarankan pemberian pakan alami berupa cacing sutra sampai benih ikan lele ukuran 2-3 cm yang mana ikan bisa makan pelet butiran yang paling kecil bukan pelet tabur itu pun masih diberi pendamping  pakan alami sampe ikan berukuran 3-4 cm

c. jangan putus asa saat ikan mengalami kematian

dalam pendederan ikan lele fokus utamanya adalah "KESELAMATAN BENIH IKAN LELE", namun kadang kala di jumpai ikan stres,berpenyakit atau malah mati masal. saat itulah kesabaran anda akan di uji, untuk meminimalisir kerugian saya sarankan jangan meyerah teruslah pelihara sisa sisa ikan yang selamat dengan ketelatenan, tak jarang sisa sisa ikan yang sedikit tersebut bila terus di besarkan nantinya bisa menutup modal atau bahkan untung.

2. tahap pendederan 2


bagi kebanyakan orang terasa ribet melakukan pemijahan dan pendederan tahap satu,apalagi yang kurang tlaten. belum lagi resiko kematian masal yang sering terjadi jadi banyak juga petani lele yang memilih bidang usaha pendederan saja. meraka membeli benih ikan lele dari yang ukuran terkecil 2-3 kemudian dibesarkan dan di jual di ukuran lele 4-6cm atau 5-7cm, ada juga yang membeli ukuran 4-6 dibesarkan dan di jual ukuran remaja.

pada intinya pelaku usaha pendederan tahap 2 ini mereka yang tidak melakukan pemijahan dan tidak melakukan pemebesran sampe lele konsumsi.keuntungan pendederan tahap 2 ini antara lain :
1. modal masih terbilang cukup kecil
2. tidak perlu repot repot memijahkan dan memelihara bayi lele, sehingga terhindar dari kematian total benih
3. pempeliharaanya cukup mudah
4. keuntungan masih cukup besar ketimbang pembesaran

bila anda berminat menekuni pendederan lele 2 ini, ada baiknya fokus perhatian anda ke beberapa faktor berikut ini agar usaha anda tidak merugi

a. pandai memilih benih lele berkwalitas yang sehat
ini faktor utama, memilih benih yang sehat. Ada baiknya anda langsung mengunjungi tempat pemijahan lele tanpa memberi tahu petani pemijah yang akan anda kunjungi ( inspeksi lah ceritanya hee hee ) dengan begitu anda bisa tau kondisi lele yang sebenarnya. kalo bisa hindari membeli ke pedagang karena kita tidak bisa memastikan ikan sehat tidaknya saat dikirim pedagang. adapun ciri ciri ikan lele yang sehat di kolam adalah sebagai berikut :

1. dikolam tidak ada ikan yang berdiri lemas
entah itu cuma satu atau dua ikan yang berdiri lemas,karena itu merupakan tanda ada masalah di kolam tersebuit bila tidak ditangani maka ikan akan semakin banyak yang ikut berdiri. daripada membeli ikan yang akan bermasalah mending tunggu atau cari yang lain saja

2. tidak ada busa di kolam ikan
riak busa murupakan tanda masalah pada ikan didalam kolam tersebut, karena ikan yang sehat air kolam jernih berwarna hijau muda,

3.pergerakan ikan lincah dan sangat rakus makan
saat anda mendekati kolam dan berdiri di pinggir kolam,biasanya ikan yang sehat akan mengumpul di depan anda serasa akan berebut makanan, apalagi bila ditebar pakan , bermunjulan dan ramai saling berebut pakan

b. faktor harga beli dan jual benih lele
pada usaha pendederan ini harga beli dan hagra jual sangat menentukan keuntungan usaha anda. jadi berusahalah menjadi ibu ibu rempong yang menawar benih dengan harga semurah murahnya dan menjual benih semahal-mahalnya.

3. tahap pembesaran lele


pada tahap ini faktor keberhasilan terletak pada pakan lele. walau berhasil panen dengan tingkat kematian 0% namun tidak bisa pengoptimalan pakan, saya jamin usaha anda akan tetap rugi karena dalam pembesaran lele biaya pakan(pelet) lebih besar daripada harga jual lele.

jadi untuk tidak rugi dalam usaha pembesaran jangan kasih pakan lele dengan 100% pelet,berikan pakan alternatrif,adapun petani yang biasanya sukses meraih untung besar dalam budidaya pembesaran lele antara lain:

1. usaha pembesaran sebagai pendukung usaha lain
salah satu contoh adalah usaha ayam potong, usaha ini bisa dibarengkan dengan usaha lele, dari sisa sisa limbah ayam potong bisa langsung diberikan sebagai pakan lele jadi bisa menghemat pakan, biasanya pembesaran lele di ayam potong membeli lele ukuran remaja kemudian dibesarkan sampai lele konsumsi,karena ukuran lele remaja sudah bisa makan limbah ayam potong

2. pembesaran dengan maxsimal pelet 50% sisanya pakan alternatif
petani lele yang kratif dan tidak mau rugi dengan mahalnya pakan lele (pelet) ,biasanya mencari cara dengan pengoptiman pakan,entah itu dengan prebiotik,sistem bioflok dan lain sebagainya yang intinya meningkakan fcr pakan.selain pengoptimalan pakan,biasanya lele di berikan pakan laternatif seperti magot yang diternak sendiri.

3. usaha pembesaran dengan membuat pelet sendiri
untuk menekan harga pelet yang semakin mahal banyak juga para petani membuat nya sendiri.walau lele merupakan binatang rakus namun sangat selektif dalam memilih pakan. lele lebih menyukai pakan yang berbau/beraroma daging-dagingan. jadi bahan utama pembuatan pakan lele harus berupa bahan hewani dan sedikit bahan tumbuhanyanya. jadi bila di daerah anda ada bahan pembuat pelet yang melimpah dan murah ini merupakan peluang besar untuk membudidayakan lele dengan sistem pembuatan pakan sendiri.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔