syarat kelayakan lahan budidaya ikan lele

September 29, 2018
Apakah anda berminat usaha budidaya lele namun masih bingung memilih lokasi untuk budidayanya? jangan kwatir akan saya bagikan criteria yang harus dimiliki sebuah area lahan agar bisa dikatakan lahan yang baik untuk budidaya lele, jangan sampai setelah anda investasikan uang anda untuk pembuatan kolam di sebuah lokasi namun dalam proses budidanyanya harus berhenti dikarenakan pemilihan lokasi yang tidak tepat,entah kekurangan air,atau banyak tindakan pencurian dan lain sebagainya.

sebelum membuat kolam lele di sebuah lokasi alangkah baiknya pertimbangkan beberapa factor berikut ini,

sumber air terjamin baik kwalitas maupun kuntitasnya

lahan budidaya haruslah memiliki sumber air berkwalitas, tidak tercemar dan layak untuk habitat hidup ikan lele.sumber air tersebut bisa di test dengan menaruh beberapa jenis ikan dan amati apakah ikan ikan tersebut bisa bertahan hidup dengan baik atau tidak.

Selain kwalitas air yang baik, kuantitas air untuk memenuhi kegiatan budidaya haruslah mencukupi, jangan sampai pada musim kemarau usaha harus terhenti karena tidak memiliki pasokan air, berkebalikan dengan itu, sumber air yang berlebih juga harus dipertimbangkan apakah di musim penghujan lokasi bisa trendam banjir atau aman dari sumber air yng berlebih tersebut.

Sumber air bisa didapat dari sungai,sumur,irigasi atau bahkan dari pdam,khusus sumber air terbatas seperti pdam, usaha budidaya lele yang cocok adalah pembesaran dengan system bioflok karena minim pengunaan airnya atau malah sangat hemat air.


Letak sumber air

Walau tidak begitu menimbulkan permasalahn yang berarti,letak sumber air yang ada bi atas lahan budidaya akan sangat menguntungkan dalam hal penghematan biaya listrik pompa air maupun system airasi pada usaha pembenihan namun tidak begitu pengaruh pada usaha pembesaran lele.karena usaha pembesaran lele tidak memerlukan airasi dan sedikit melakukan penyortiran lele sehingga jarang melakukan pergantian air.


Memliki area pembuangan air

Lokasi pembuangan air juga perlu dipikirkan,tak jarang usaha harus terhenti dikarenakan permasalahan ini.lahan yang tidak memiliki pembuangan air biasanya akan menjadi sengketa dengan lahan orang lain yang tidak terima lahanya digenangi air dari pembuangan kolam kita,pembuangan air bisa berupa selokan,sungai atau bisa dibuat sendiri dengan kolam resapan.

Keamanan lokasi

Lahan yang aman dari tindakan criminal merupakan syarat wajib dalam memilih lahan,lokasi yang terbaik adalah lahan dekat rumah atau dekat dengan pemukiman warga, sedangkan area yang jauh dari pemukiman akan rawan di jailin orang.

Kemudahan distribusi lele

Adanya jalan yang memadai untuk melakukan distribusi hasil panen atapun pembelian benih juga perlu dipertimbangkan.tak jarang pula para pedagang yang enggan membeli hasil panen dikarenakan medan yang sulit dilalui.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔